Membuat tabel di microsoft word
sangatlah mudah, jika kita telah mengetahui cara-cara nya. Dan bagi yang belum
mengetahui pasti sangat sulit untuk membuat tabel. Berikut ini tata cara
membuat,mengedit dan penggunan formula pada tabel di microsoft word :
A. Membuat Tabel
1.Pertama, kita buka aplikasi
micorosoft word yang ada pc kita.
2.Kemudian setelah masuk ke aplikasi,
ada pilihan di tab menu yaitu “Insert”,
lalu setelah itu terlihat beberapa pilihan menu. Kita klik pilihan menu “Table” dan klik lagi “Insert Table” .
3.Jika sudah maka akan keluar jendela
seperti berikut :
Keterangan :
Number of columns: berarti berapa banyak jumlah kolom yang akan dibuat.
Number of rows : berarti berapa banyak jumlah baris yang akan dibuat.
Number of columns: berarti berapa banyak jumlah kolom yang akan dibuat.
Number of rows : berarti berapa banyak jumlah baris yang akan dibuat.
4.Jika telah selesai menentukan kolom
dan baris, klik OK. Misalnya kita memasukan
kolom nya 5 dan baris nya 7. Maka tabel akan muncul seperti yang dibawah ini :
Sebagai contoh saya akan membuat
tabel tentang daftar nilai mahasiswa prodi Manajemen Haji dan Umrah :
B. Mengedit Tabel
Untuk mengedit tabel seperti bentuk
di atas , bisa mengikuti langkah-langkah berikut :
1.Siapkan tabel yang ingin kita
gunakan
2. Blok pada kolom dan baris yang
ingin kita gabungkan, misalnya pada kolom dan baris seperti gambar dibawah ini
:
3.Setelah di blok, kemudian klik menu
layout, dan ada pilihan merge cells
4. Maka hasilnya akan seperti ini :
Langkah di atas untuk menggabungkan 2
baris menjadi satu, untuk menggabungkan kolom pun sama. Kamu tinggal mengeblok
nya dan pilih menu merge cells seperti contoh di atas.
C.Penggunaan Formulas Pada Tabel
1.Misalnya kita akan melakukan
pentotalan atau penjumlahan
2.Klik sel pada tabel yang ingin
ditempatkan hasil penjumlahan. Contoh di sini pada sel E3dan E5 (lihat gambar).
3.Pada Word 2007/2010/2013: pada Table
Tools, Layout tab, Data group, klik Formula.
4.Microsoft Word akan memberikan formula:
- =SUM(ABOVE) bila sel yang dipilih berada di bawah kolom angka.
- =SUM(LEFT) bila sel yang dipilih berada di sebelah kanan baris angka.
5.Untuk mengatur format angka, pada Number
Format, bila bentuk format yang diinginkan.
6.Tekan OK, bila sudah selesai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar