Minggu, 09 Juni 2019

Membuat dan Memodifikasi Table Serta Menggunakan Rumus Sederhana di Ms Word 2010


Membuat tabel di microsoft word sangatlah mudah, jika kita telah mengetahui cara-cara nya. Dan bagi yang belum mengetahui pasti sangat sulit untuk membuat tabel. Berikut ini tata cara membuat,mengedit dan penggunan formula pada tabel di microsoft word :

A. Membuat Tabel
1.Pertama, kita buka aplikasi micorosoft word yang ada pc kita.
2.Kemudian setelah masuk ke aplikasi, ada pilihan di tab menu yaitu “Insert”, lalu setelah itu terlihat beberapa pilihan menu. Kita klik pilihan menu “Table” dan klik lagi “Insert Table” .
                            

3.Jika sudah maka akan keluar jendela seperti berikut :
                        
Keterangan :
Number of columns: berarti berapa banyak jumlah kolom yang akan dibuat.
Number of rows : berarti berapa banyak jumlah baris yang akan dibuat.

4.Jika telah selesai menentukan kolom dan baris, klik OK. Misalnya kita memasukan kolom nya 5 dan baris nya 7. Maka tabel akan muncul seperti yang dibawah ini :
 

Sebagai contoh saya akan membuat tabel tentang daftar nilai mahasiswa prodi Manajemen Haji dan Umrah :


B. Mengedit Tabel
Untuk mengedit tabel seperti bentuk di atas , bisa mengikuti langkah-langkah berikut :
1.Siapkan tabel yang ingin kita gunakan
2. Blok pada kolom dan baris yang ingin kita gabungkan, misalnya pada kolom dan baris seperti gambar dibawah ini :

 
3.Setelah di blok, kemudian klik menu layout, dan ada pilihan merge cells
4. Maka hasilnya akan seperti ini :


Langkah di atas untuk menggabungkan 2 baris menjadi satu, untuk menggabungkan kolom pun sama. Kamu tinggal mengeblok nya dan pilih menu merge cells seperti contoh di atas.


C.Penggunaan Formulas Pada Tabel
 

1.Misalnya kita akan melakukan pentotalan atau penjumlahan
2.Klik sel pada tabel yang ingin ditempatkan hasil penjumlahan. Contoh di sini pada sel E3dan E5 (lihat gambar).
3.Pada Word 2007/2010/2013: pada Table Tools, Layout tab, Data group, klik Formula.
4.Microsoft Word akan memberikan formula: 

  • =SUM(ABOVE) bila sel yang dipilih berada di bawah kolom angka.
  • =SUM(LEFT) bila sel yang dipilih berada di sebelah kanan baris angka.


5.Untuk mengatur format angka, pada Number Format, bila bentuk format yang diinginkan.
6.Tekan OK, bila sudah selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mempraktikkan Format Cell Dalam Data

Hallo..!!! Selamat datang kembali disini, artikel kali ini kita akan membahas cara mempraktikkan format cell dalam data. Contoh F...

Postingan Populer